Rabu, 11 Mei 2011

Cara Belajar Cepat (CBC)

CBC merupakan saripati pekerjaan berpuluh-puluh tahun, yang mengkristalkan sejumlah penelitian rintisan mulai dari penelitian psikiater pendidikan berkebangsaan Bulgaria, Dr. Georgi Laanov hingga penelitian seorang pendidik di Havard , Dr. Howard Gardner. Riset ini menggambarkan studi-studi dari para penerima hadiah nobel seperti pakar ilmu saraf Roger Sperry dan pakar biologi saraf Gerald Edelman . dan penelitian itujuga mempertimbangkan pengalaman-pengalaman praktisdari para guru yang inovatif, dosen perguruan tinggi, pelatih perusahaan, dan wirausahawan yang mampu menangkap visi ini.
Para individu dari setiap jalan hidup, golongan, dan disiplin ilmu telah bangkit menghadapi tantangan untuk memastikan bahwa otak manusia sedang bangun karena momentum perubahan yang bertekanan tinggi. Apa  yang kita lakukan hanyalah menggabungkan semua penelitian itu dan membuat rencana tindakan yang praktis dan mudah diikuti.
Dua keterampilan, yaitu belajar cepat dan berpikir jernih merupakan keterampilan personal kunci untuk dapat hidup layak di abad ke-21. kedua keterampilan itu akan menghasilkan menghasilkan kemandirian dan kepercayaan diri. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengelola cara belajar sejak dini, untuk menguasai volume informasi yang cukup besar, melihat signifikansinya yang sebenarnya, dan untuk mengetahui bagaimana menggunakan informasi itu untuk melahirkan produk-produk dan jawaban-jawaban kreatif terhadap berbagai masalah. Keterampilan tersebut perlu dan penting untuk diajarkan disetiap rumah, sekolah, dan organisasi.
                  Salah satu alas an mengapa anak-anak bisa belajar dengan begitu baik adalah bahwa mereka belum mengembangkan prakonsepsi bagimana mereka seharusnya belajar. Mereka juga belum mengembangkan anggapan bahwa bermain dan bekerja adalah kegiatan yang masing-masing berdiri sendiri.bbermain adalah bagfian penting dari pengalaman belajar . ketika kita senang dan menikmati belajar, kita akan belajar lebih baik.



      Bagaimana kita menjadikan belajar itu menyenangkan dan berhasil?caranya antara lain:
  1. menciptakan lingkungan tanpa stress (relaks)- lingkungan yang aman untuk melakukan kesalahan , namun harapan untuk sukses tinggi.
  2. menjamin bahwa subjek pelajaran adalah relevan – anda ingin belajar ketika anda melihat manfaat dan pentingnya subjek pelajaran itu.
  3. menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif-pada umumnya ketika belajar dilakukan bersama dengan orang lain , ketika ada humor dan dorongan semangat, waktu rehat dan jeda teratur, dan dukungan antusias.
  4. melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kanan dan otak kiri.
  5. menantang otak anda untuk dapat berpikir jauh kedepan dan mengeksplorasi apa yang yang sedang dipelajari dengan sebanyak mungkin kecerdasan yang relevan untuk memahami subjuk pelajaran
  6. dan mengonsolidasikan bahan yang sudah dipelajari –dengan meninjau ulang dalam periode-periode waspada relaks.

Semua langkah diatas dimasukkan dalam program CBC. Akan tetapi, tidak jadi soal betapa menyenangkan  atau merangsangnya proses belajar itu, namun yang juga sangat pentingn dilakukan adalah rencana yang padu, langkah-demi-langkah.
“Struktur”metode CBC dibagi menjadi enam langkah dasar. Keenam langkah itu dapat diingatdengan mudah dengan menggunakan singkatan M – A – S – T – E – R sebuah kata yang diciptakan oleh pelatih terkemuka CBC jayne Nicholl, penulis Open Sesame

1.      Motivating your mind
2.      acquiring the Information
3.      Searching out the meaning
4.      Triggering the memori
5.      Exhibiting what you know
6.      Reflecting how you have learned

Tidak ada komentar:

Posting Komentar