Jumat, 18 Maret 2011

individual educational program autism children

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III/ II
Alokasi waktu : 2 X 35 menit (2X pertemuan)
Standard Kompetensi : mamahami semua abjad dalam alphabet
I. Materi pokok : kata benda dengan huruf M dan N, serta B dan D
II. Kompetensi Dasar :1.1 membedakan huruf M dan N, dengan B dan D
III. Indikator :1.1.1 mengenal huruf m dengan n, dan b dengan d
1.1.2 menerapkan penggunanaan huruf m dengan n, dan b dengan d pada kata yang benar
IV. Tujuan Pembelajaran :
1.1.1.1 melalui gambar, siswa dapat menyebutkan huruf yang ada pada benda digambar
1.1.1.2 melalui gambar dan bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan huruf m,n,b,d
1.1.2.1 tanpa bimbingan guru, siswa dapat membedakan huruf m dengan n, dan huruf dengan d
1.1.2.2 dengan bimbingan guru, siswa dapat memberikan contoh kata yang menggunakan huruf m, n, b, d.
V. Metode dan model pembelajaran:
Model pembelajaran : model pembelajaran langsung
Metode yang digunakan; Demonstrasi dan tanya jawab
VI. Sumber pembelajaran:
- gambar mangga, nanas, melon, melon, bebek, domba, badak yang diperoleh dari internet
VII. Alat dan Bahan :
- Buku tulis, pensil, penghapus
VIII. Langkah Pembelajaran:
1. Kegiatan awal (10-15 menit)
1. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, memeriksa kehadiran siswa dan kelengkapan serta kerapihan siswa (apersepsi).Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa siap untuk belajar, dengan instruksi sebagai berikut “ayo anak-anak, ibu hari ini banyak membawa gambar loh! Apa kalian tahu gambar apa yang ibu bawa ini? Apa kalian bisa menunjukkan huruf apa saja yang ada digambar ini? ...kalau begitu, ayo kita belajar bersama hari ini...” (Fase 1)
2. guru menunjukkan gambar mangga, nanas, monas, menara, bebek, domba, badak. Dari gambar tersebut, guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai kata atau huruf yang ada pada gambar. Instruksi yang dipakai oleh guru adalah sebagai berikut “pernahkah kalian melihat ini semua?apa namanya?apa saja hurufnya?...” (fase 2)
3. Dari informasi jawaban siswa, Guru kemudian mengarahkan kepada materi pembelajaran hari ini yaitu buah melon dan buah semangka. (Fase 3)

2. Kegiatan Inti (40 menit)
Kegiatan guru Kegiatan siswa
1. Guru menunjukkan gambar berbagai benda yang menggunakan huruf m,n dan b,d (mangga, nanas, monas, menara, bebek, domba, badak). Kemudian guru meminta siwa untuk menunjukkan huruf apa saja yang ada pada gambar tersebut dengan instruksi sebagai berikut :”ayo anak-anak, gambar apa yang ibu bawa? Huruf apa saja yang ada pada gambar ini?”(fase 2) 1. Siswa mengatakan nama benda dalam gambar. Kemudian siswa menyebutkan huruf-huruf yang ada pada gambar
2. Guru menunjukkan gambar, kemudian mmberitahukan satu persatu huruf pada gambar benda tersebut. Guru mengulang pengucapan huruf m dengan n dan b dengan d agar siswa mampu membedakan huruf tersebut.(fase 3) 2. Siswa mengamati gambar dan huruf-huruf pada kata mangga, nanas, monas, melon, bebek, domba, badak. Siswa mampu membedakan huruf m dengan n, dan b dengan d.
3. Siswa di minta untuk menunjukkan huruf m dengan n, dan b dengan d:dengan instruksi sebagai berikut ”manakah huruf m dengan n?manakah huruf b dengan d?”.(Fase 4) 3. siswa menunjukkan kepada guru huruf m , n , b, dengan d.
4. Guru mengecek apakah siswa sudah memahami huruf m, n , b dan d serta mengajukan pertanyaan lisan tentang huruf yang ada pada gambar dengan pertanyaan sebagai berikut “bagaimana bentuk huruf m dengan N?,bagaimana bentuk huruf b dengan d? Apa bedanya? ”,.(Fase 5) 4.siswa membedakan huruf m dengan n, dan b dengan d. Siswa menjelaskan bentuk huruf m, n, b, d.
5. Siswa diberi intruksi untuk membuat kata dengan menggukan huruf m, n ,m dan n, b, d, b dan d,”ayo anak-anak, hari ini kita sudah belajar tentang huruf m,n,b dan d.sekarang coba buat kata dengan menggunakan huruf m,n,m dan n,b,d, b dan d! Coba tunjukkan pada ibu dengan membacanya”..(Fase 5) 5. siswa membuat kata dengan menggunakan huruf m, n, m dan n, b, d, b dan d. Kemudian siswa membacanya ulang.

3. Penutup
Kegiatan guru Kegiatan siswa
Guru memberikan reward pada siswa yang dapat membedakan huruf b,d,m,n dan dapat membuat kata menggunakan huruf b,d,m,n yang berupa penyematan bintang. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pengamatan huruf m,n,b,d. ” huruf b, perutnya dibelakang,sedangkan d perutny didepan. Dan huruf m kakinya 2, sedangkan n kakinya satu”.(Fase 4) Siswa menjelaskan ulang tentang huruf b,d, m, n. siswa menerima bintang penghargaan ketika anak mampu membedakan huruf b, d, m, n dan membuat kata menggunakan huruf b, d, m, n.
VIII. PENILAIAN
1. Tertulis
2. Hasil kerja






Soal evaluasi
I. Pilihlah jawaban yang benar dibawah ini dengan tanda silang (X)!
1. Manakah kata dibawah ini yang terdapat huruf m ?
a. Natal c. malu
b. Bantal
2. Manakah kata dibawah ini yang terdapat huruf n?
a. Marah
b. Antar
c. Makam
3. Manakah kata dibawah ini yang terdapat huruf b?
a. Dadu
b. dari
c. bayi
4. manakah kata dibawah ini yang terdapat huruf d?
a. Pandang
b. batin
c. baju
II. isilah pertanyaan berikut dengan benar
1. buatlah kata dengan menggunakan huruf b dan dengan mengunakan huruf d?
2. Buatlah kata dengan menggunkan huruf m dan dengan menggunakan huruf n?
3. Buatlah kata dengan menggunakan kombinasi huruf m dan n?
4. Buatlah kata dengan menggunakan kombinasi huruf b dan d?
Kunci jawaban

I. 1.c
2.b
3.c
4.a
II. 1. Baru, bagus, Datang, daya, dll
2. maya, marah, nangka, natal,dll
3. benda, badu, dll
4. mandi, manja, dll

Skor : I . Benar X 5 = 20
II. Benar X 20 = 80 +
Total skor 100
IEP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar